SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN LATANSA | SEMOGA DAPAT BERMANFAAT BAGI KALIAN |

14.5.09

berangkat dari Landasan Filosofis, Visi, Misi dan Panca Jiwa Pondok


Pondok Pesantren La Tansa dibangun di atas landasan filosofis, visi dan misi yang amat agung, hasil ikhtiar seorang Kiyai kharismatik, berani, penuh gagasan, inspiratif (selalu mengilhami) bernama Drs. K.H. Ahmad Rifa’i Arief (sosok Kiyai mukhlis yang ruhul jihadnya menjadi inspirasi nama sebuah angkatan tahun 2002).
Landasan filosofis itu terekam dalam QS. Al Qhososh : 77, yang substansinya diinterpretasi oleh K.H. Adrian Mafatihullah Kariem, MA, yaitu keseimbangan hidup yang mengintegrasikan orientasi kehidupan duniawi dan ukhrowi, dan perintah ber-ihsan (berbuat baik) kepada seluruh makhluk Tuhan di langit dan di bumi. Dalam terminologi K.H. Soleh Royad, MM, ayat ini adalah perintah untuk menguasai ilmu pengetahuan secara bidimensional dengan menghapuskan dikotomi dunia dan akhirat yang melahirkan paham sekularisme.
Landasan filosofis ini kemudian ditafsirkan secara kreatif menjadi sebuah visi La Tansaku yaitu “Mempersiapkan sumber daya manusia muslim yang memiliki ilmu pengetahuan yang seimbang secara bidimensional (dengan menghilangkan dikotomi duniawi dan ukhrawi) serta mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan yang ihsan fi ad-darain”.
Selanjutnya visi ini kembali diterjemahkan secara operasional dengan rangkaian misi :
1. Mempersiapkan kader-kader muslim masa depan yang menguasai iptek, memiliki daya juang yang tinggi, mampu berkreasi secara inovatif, aktif dan dinamis di atas landasan iman dan taqwa yang kuat.
2. Mengombinasikan kurikulum Pondok Modern dengan kurikulum Pendidikan Nasional dalam rangka menghilangkan kesan dikotomis antara ilmu pengetahuan umum dan agama.
3. Memperluas medan juang santri meliputi seluruh aspek kehidupan dengan bekal iman sebagai landasan keyakinan, pandangan dan sikap hidup yang haq.
4. Meningkatkan kemampuan professional dan pengetahuan tenaga kependidikan sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan dan tuntutan dinamika kehidupan masyarakat.

Selain itu, La Tansaku juga dalam kehidupannya berpijak di atas nilai-nilai Panca Jiwa dan Motto Pondok. Sempurnalah performa La Tansaku; dengan landasan filosofis yang qurani-waqi’i, visi yang rasional, misi yang feasible, dan Panca Jiwa Pondok serta Motto Pondok yang menata tatanan kehidupan pesantren.
Landasan filosfis, visi, misi dan Panca Jiwa serta Motto Pondok ini tentu saja bukan dokumen mati dan bersifat sloganistik belaka, kesemuanya itu adalah konsensus institusi, kesemuanya itu adalah jalan petunjuk yang memberikan arah sistem pendidikan dan pola pembinaan santri La Tansaku. Pola pikir, sikap dan tingkah laku yang tidak sejalan dengan keempat hal tersebut berarti sebuah pelanggaran (jika tidak dikatakan “dosa dan kesesatan”, karena telah melanggar konsensus dan keluar dari jalan petunjuk).
Inilah yang ingin digaris bawahi dalam catatan editorial pada edisi Majalah La Tansaku kali ini, yaitu bahwa di usia La Tansaku yang ke-17 ini, mari kita lepaskan kerangka berpikir menyamakan La Tansaku dengan fase perkembangan manusia.
La Tansaku sudah memiliki identitas (Landasan Filosofis, Visi, Misi dan Panca Jiwa Pondok dan Motto Pondok), La Tansaku sudah memiliki jalan dan arah pendidikan, La Tansaku telah mengukuhkan cita-cita sejak sebelum berdiri, cita-cita itu tertulis dalam lemabaran-lembaran gagasan Drs. K.H. Ahmad Rifa’i Arief .
Sungguh, terlambat dan kurang tepat jika kita membawa La Tansaku pada sebuah pemahaman di mana La Tansa kosong identitas, atau masih dalam pencarian di usianya yang ke-17 ini.

Comments :

0 komentar to “berangkat dari Landasan Filosofis, Visi, Misi dan Panca Jiwa Pondok”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by pondok pesantren latansa