SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN LATANSA | SEMOGA DAPAT BERMANFAAT BAGI KALIAN |

12.5.09

almarhum pendiri pondok ( kh ahmad rifai arif )


lmarhum Pendiri Pondok Pesantren La Tansa
Dilahirkan di Gintung, sebuah desa di Jayanti, Tangerang, pada penghujung tahun tepat 31 Desember 1942. Lilip, panggilan akrab beliau, telah digembleng dalam suasana religius oleh sang ayah, H. Kasad Mansyur semenjak dini. Ayah beliau yang menjadi guru Al-Qur’an pertama bagi beliau. Pada umur 7 tahun beliau di masukkan ke Sekolah Rakyat, namun karena jiwa beliau yang telah melekat dengan dien, tepat pada tahun ketiga beliau memilih pindah ke sekolah agama.
Pada tahun 1958 setelah menuntaskan pendidikannya di MMA, beliau masuk ke Pondok Modern Gontor. Tekad dan niatnya yang bulat untuk memperdalam dan terus belajar ilmu agama menanamkan semangat membara demi tegaknya agama Allah. Pondasi ketabahan dan kesabaran yang ditanamkan Pondok Pesantren Modern Gontor, ditunjang oleh kecerdasan, sifat bijaksana dan wibawa yang tinggi yang dimiliknya, menghantarkan beliau untuk menjadi ketua persatuan pelajar Indonesia (PPI) tahun 1963 sampai 1964, pada saat beliau duduk di kelas lima dan kelas enam.
Setelah lulus dari KMI tahun 1964 beliau mengabdi di Gontor selama satu tahun, disamping juga mengaji kitab-kitab kuning di luar Gontor. Pada masa inilah jiwa Jihad Fi Sabilillah yang terus menggelora itu membuahkan cita-cita besar luhur dan agung, yaitu ingin mendirikan sebuah lembaga pendidikan Pondok Pesantren di kemudian hari.
Almarhum KH. Drs. Ahmad Rifa’i Arief yang memiliki sifat haus ilmu, kerja keras yang tak kenal lelah, kemudian meneruskan pendidikan ke IAIN Sunan Gunung Jati Serang, pada Fakultas Syariah tahun 1967. Setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 20 Januari 1968, dengan berharap ridha dan tuntunan Ilahi Rabbi, beliau mendirikan Pondok Pesantren Daar El-Qolam yang memiliki system hidup yang persis sama dengan yang diterapkan di Pondok Modern Gontor.
Pada masa-masa awal pesantren yang didirikan tersebut kurang mendapat sambutan yang baik dari masyarakat luas di sekelilingnya. System pendidikan modern yang mengharuskan memakai dasi dan berbahasa Inggris yang diterapkan oleh beliau, dianggap masyarakat sekitarnya peniruan terhadap kebudayaan barat. Namun, ketegaran dan ketabahan KH. Drs. Ahmad Rifa’i Arief dalam membimbing, membina dan mencetak santri-santrinya jualah akhirnya yang mampu membuat Pondok Pesantren Daar El-Qolam mampu berkembang pesat seperti sekarang ini.
Sifat bijaksana dan ilmunya yang mampu menunjukkan beliau adalah seorang kyai besar. Pengalaman dan pendidikan yang cukup baik serta disiplin yang tinggi selama di Gontor, walau dalam usia yang relatif muda beliau berhasil mendirikan beberapa lembaga pendidikan yang berpotensi setelah Pondok Pesantren Daar El-Qolam yaitu :
1. Mendirikan Pondok Pesantren La Tansa, Cipanas, Lebak, Banten. Dengan kurikulum SMP dan SMA Plus.
2. Mendirikan STIE ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ) dan STAI ( Sekolah Tinggi Agama Islam ) La Tansa Mashiro di Rangkasbitung.
3. Merintis Pesantren wisata sakinah La Lahwa di Citeureup, Panimbang, Pandeglang.
Pada tanggal 15 Juni 1997, seusai memberikan petuah-petuah terakhirnya pada acara penglepasan santriwan dan santriwati untuk liburan akhir tahun, KH. Drs. Ahmad Rifa’i Arief meninggal dunia. Beliau pulang ke sisi Allah dengan tenang, setelah sukses mendidik dan mencetak santri-santrinya yang berkualitas dan berakhlak karimah. Semoga Allah SWT menerima beliau dalam golongan hamba yang didekatkan padanya, Amien.
ESTAFETA DAN ERA GENERASI KEDUA
Pada tahun 1997 pendiri dan pemimpin pondok pesantren Daar el Qolam dan La Tansa Drs. KH. Ahmad Rifa’I Arief wafat, sepeningggal beliau keluarga besar Drs. KH. Ahmad Rifa’I Arief mengadakan musyawarah dengan mediator KH. Abdullah Syukri, MA. (Pimpinan Pondok Modern Darussalam, Gontor) untuk menunjuk pengganti almarhum Drs. KH. Ahmad Rifa’I Arief menjadi pemimpin pesantren di pondok pesantren Daar El Qolam dan La Tansa, musyawarah tersebut menghasilkan keputusan untuk mengangkat Drs. H. Ahmad Syahiduddin, Dra. Hj. Enah Khuwaenah dan Adrian Mafatihullah Kariem, S. Ag. sebagai penerus estafeta kepemimpinan pondok pesantren Daar el Qolam dan La Tansa. Dengan pembagian wilayah kerja Drs. H. Ahmad Syahiduddin dan Dra. Hj. Enah Khuwaenah di Pondok pesantren Daar El Qolam dan Adrian Mafatihullah Kariem, S. Ag. di Pondok Pesantren La Tansa.
Pada tahun 1999 Drs. KH. Ahmad Syahiduddin sebagai pimpinan pesantren mengeluarkan kebijakan dalam pembagian kerja sebagai langkah kaderisasi kepemimpinan pesantren, dengan menunjuk Drs. KH. Odhy Rosyhuddin dan KH. Soleh sebagai pendamping KH. Adrian Mafatihullah Kariem, S. Ag. Yang telah lebih dahulu memimpin Pondok Pesantren La Tansa, tiga pemimpin pesantren diera kedua ini memiliki wilayah kerja dalam bidang yang berbeda-beda, KH. Adrian Mafatihullah Kariem, S. Ag mengurusi masalah kebijakan pesantren dan kepengajaran, Drs. KH. Odhy Rosyihuddin mengurusi masalah infrastruktur pembangunan sarana dan prasarana santri sedangkan KH. Soleh, S. Ag. MM mengurusi masalah kepengasuhanan santri. Dan pada tahun 2000 Drs. KH. Ahmad Syahiduddin meminta pulang Drs. KH. Odhy Rosyihuddin untuk kembali dan membantu di Pondok pesantren Daar El Qolam. Jadilah saat ini, pondok pesantren La Tansa hanya dipimpin oleh dua pemimpin yaitu KH. Adrian Mafatihullah Kariem, S. Ag. dan KH. Soleh, S. Ag. MM.
Awalnya pemimpin generasi kedua ini mengalami keraguan dan kebimbangan akan kelanjutan pondok pesantren La Tansa sepeningggal pendiri dan pemimpin yang tercinta Drs. KH. Ahmad Rifa’I Arief. Namun berkat tekad yang kuat, niat yang mantap dan perjuangan yang tak pernah lelah serta tawakal kehadirat Allah SWT, generasi kedua mampu mengatasi segala cobaan, rintangan dan ujian yang menerpa untuk mempertahankan, mengembangkan, dan memajukan Pondok Pesantren La Tansa, banyak kemajuan yang dicapai baik fisik maupun non fisik.

Comments :

0 komentar to “almarhum pendiri pondok ( kh ahmad rifai arif )”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by pondok pesantren latansa