SELAMAT DATANG DI BLOG PONDOK PESANTREN LATANSA | SEMOGA DAPAT BERMANFAAT BAGI KALIAN |

4.5.09

pemanfa'atan IT di dalam sekolah

Assalamualikum… sobat pembaca !!... sepertinya teknologi yang telah kita kenal saat ini sangatlah kompleks dalam kehidupan kita.jika di sekolah saya memang sudah ada fasilitas yang menunjang pembelajaran ilmu-ilmu teknologi ,yang mana di dalamnya sudah ada yang namanya SMK multimedia.
Yang sangat jarang sekali terdapat di sekolah yang mempunyai background pondok pesantren,mungkin ini adalah anugerah dari ALLAH swt untuk saya karena sudah lama saya mengidam-idamkan fasilitas yang menunjang pembelajaran yang saya senangi.apalagi sekarang telah adanya jaringan inter net pada sekolah saya,tapi mungkin ada sedikit kendala dalam masalah ini dikarenakan posisi sekolah saya yang mungkin bias di bilang tempat yang cukup terpelosok atau kalau kata orang jawa WONG DESO…(orang desa)…he…he…
Menurut saya yang namanya teknologi seperti sangat bermanfa’at sekali bagi saya dan kawan-kawan,tapi mungkin ada sisi positip dan negatifnya juga,seperti sisi negative yang kita tahu mungkin sangat sudah tidak aneh lagi kalau untuk di pebincangkan diluar daerah pondok,yang selayaknya kita hindari dari berbagai hal-hal yang merusak pemanfa’atan tersebut dan jika kita melihat sisi positif dari hal ini sangat banyak sekali yang bias kita bincangkan jika kita sedang memperbincangkan tentang pemanfa’atan TIK yang telah merajalela.tapi sebelum kita mengetahui lebih lanjut lagi bagaiman kalau kita melihat apa sich arti dari informasi tersebut…
Ada banyak arti dan makna informasi. Oleh karena itu perlu didefinisikan pengertian informasi agar dapat dijadikan sebagai acuan dalam memahami informasi. Dalam bukunya Jeffrey A Hoffer informasi dijelaskan sebagai , ”Information as data that has been processed in such a way that it can increase the knowledge of the person who uses it). Informasi adalah data yang diproses sedemikian rupa sehingga informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan bagi orang yang menggunakan informasi tersebut. Untuk menjadi informasi harus melalui proses pengolahan dari sejumlah data yang ada.
Setiap informasi yang berguna bagi orang yang memerlukan pada saat dan tempat yang tepat. Oleh karena itu penyedia informasi pada pusat-pusat informasi seharusnya dapat memahami dan mengetahui apa sesungguhnya yang dicari oleh para pengguna dan pencari informasi. Menurut Pawit M. Yusuf, informasi merupakan catatan atau rekaman suatu fenomena yang dapat diamati atau berupa keputusan-keputusan penting. Informasi adalah sesuatu yang berupa pengetahuan lisan atau tertulis. Di masa sekarang dan masa yang akan datang informasi tertulis atau informasi rekaman akan mempunyai nilai yang tinggi dan berguna bagi kehidupan masyarakat). Jadi informasi yang dihasilkan merupakan sesuatu yang bermakna bagi pengguna informasi, bagi penyedia informasi, dan juga bagi suatu sistem pengetahuan dalam masyarakat. Dengan demikian informasi adalah suau data, pengetahuan, suara, gambar, dari yang sederhana sampai yang kompleks yang dapat digunakan oleh pemakai informasi dan hal-hal tersebut mempunyai nilai dan arti dalam arus lalu lintas informasi.
Secara umum dapat dikatakan bahwa informasi adalah suatu data, keterangan, pengetahuan, berita yang bermakna dan berguna baik bagi penyedia informasi maupun bagi pengguna informasi. Sebuah informasi dapat dikomunikasikan, dapat ditransfer atau dapat diakses oleh para pengguna informasi. Informasi yang benar akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi para pengguna informasi. Dengan melihat kenyataan itu, suatu informasi yang bernilai, kaya dan bermutu mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.setelah kita mengetahui mkna dari informasi tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa TIK sangat bermanfa’at bagi lingkungan sekolah,yang mana da[pat menunjang kreativitas anak dalam belajar,dan dapat membantu anak –anak dalm mengolah pelajaran dengan baik dan dapat memperluas pengetahuan anak dalam mengetahui sesuatu baik informesi yang baik dan buruk. Coba bayangkan jika di suatu sekolah tidak terdapat pmanfa’atan TIK dalam sekolah apa jadinya anak sekolah jika telah bergaul dengan masyarakat nantinya... bisa saja mereka tidak mengetahui sesuatu hal-hal yang sudah lazim di perbincangkan dalam masyarakat luar tapi mereka tidak mengetahuinya kalu dalam bahasa gaulnya KUPER...(kurang pergaulan)...atau ketika salah seorang anak yang sudah tahu apa sich itu TIK.dan salah satu temany tidak mengetahui apa-apa yang meraka bincangkan kan nanti kan anak itu akan malu melihat orang bisa begini bisa begitu ...kalu dalam bahasa gaulnya...apa yah sayalupa tapi kalu tidak salah sich...GAPTEK...(gagap teknologi)..begitulah kalau kata anak muda jaman sekarang...yang membuat istilah-istilah seperti itu...
Mungkin hanya itu saja yang saya tahu dalm pemanfa’atan di sekolah saya secara gitu...sekolah saya berbasis pondok pesantren yang tidak hanya belajar ilmu dunia tetapi juga belajar ilmu akhirat itulah kelebihan pondok pesantren dengan sekolah reguler biasa diluar apalagi setelah adanya SMK multimedia yang berbasis pondok pokoknya PERFECT dech...

Comments :

0 komentar to “pemanfa'atan IT di dalam sekolah”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by pondok pesantren latansa